KATEGORI

Rabu, 25 Maret 2015

Syarat dan Tata Cara mendaftar Beasiswa PMDSU

Assalamualaikum WR WB.

Kali ini saya akan share tentang apa sebenarnya syarat yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa PMDSU.  Saya akan menceritakan pengalaman saya di Batch 1 dan sepertinya tdak akan ada perubahan dalam mekanisme pendaftaran.  Saya juga memohon maaf jika email kawan yang masuk tidak saya balas, karena begitu banyak email yang masuk dan dengan pertanyaan yang hampir mirip, saya rasa postingan saya kali ini sudah cukup menjawab pertanyaan dan kebingungan teman2 yang akan mendaftar di Batch 2.

Syarat beasiswa PMDSU
1.    Lulusan dari kampus terakreditasi
2.    Fresh graduated (maksimal 2 tahun)
3.    IPK Minimal 3.50
4.    Toefl
5.    Jurusan dan bidang riset sama dengan Promotor

Diatas adalah gambaran umum syarat mendaftar Beasiswa PMDSU.  Sebenarnya syarat yang utama adalah Jurusan dan Riset yang sesuai antara mahasiswa dan promotor.  Pengalaman di tahun 2013/Batch 1, banyak yang ditolak karena meskipun jurusannya sama tetapi bidang risetnya berbeda.  Untuk itulah sebisa mungkin sesuaikan rencana riset dengan bidang Promotor.  Misal ditahun Batch 1 ada mahasiswa Peternakan yang risetnya tentang Sapi, padahal Promotor risetnya tentang unggas, sehingga mahasiswa tersebut ditolak.  Untuk itulah kawan2 harus jeli memilih Promotor yang memang sesuai dengan bidang ilmu kita di S1.  Tetapi tidak semua seperti itu, Riset saya S1 tentang CSR dan Riset Promotor saya tentang Forestry, akhirnya saya diterima.  Karena seperti yang saya sering bilang bahwa dalam PMDSU semua tergantung Promotor, Promotor Memiliki Hak Istimewa untuk menentukan diterima atau tidaknya mahasiswa.

Kemudia bagaimana syarat yang lain (IPK, Toefl, tahun lulusan. dll)??? Yang saya tulis adalah persyaratan umum, lagi-lagi Promotor mempunyai kebijakan untuk menerima mahasiswa dengan IPK dan TOEFL tertentu.  Tetapi IPK yang paling kecil diterima adalah 3.25.

Mekanisme Pendaftaran PMDSU
Ada beberapa mekanisme yang harus dilengkapi dalam pendaftaran beasiswa PMDSU.
1.    Mendaftar di Website Dikti (hanya 1 kali kesempatan mendaftar, jadi harus benar-benar pasti siapa promotor yang akan dipilih).
2.    Mendaftar ke PPS Penyelenggara dengan menyertakan Formulir pendaftaran PMDSU
3.    Menghubungi Promotor.

Sebenarnya untuk yang nomor 3 merupakan hal yang conditional, tetapi menurut saya itu yang terpenting dalam proses pendaftaran Beasiswa PMDSU, mengapa demikian???? Sebelum mendaftar di website Dikti hendaklah menajdlin komunikasi dengan Promotor, untuk menanyakan kesediaan menerima mahasiswa dari luar kampus, apa syarat yang harus dilengkapi, rencana riset Promotor, dan lainnya tentang PMDSU.  Dari pengalaman Batch 1 ada Promotor yang tidak mau menerima mahasiswa Calon PMDSU dari luar Kampusnya.  Jadi menjalin komunikasi sebelum mendafatar menurut saya merupakan kunci utama dalam pendaftaran beasiswa ini.  Karena ketika satu promotor tidak bersedia menerima mahasiswa dari luar kampusnya atau berbeda riset, masih ada kemungkinan untuk mencari Promotor lain.  Tapi yang perlu diingat adalah, tatacara komunikasi, pilihan kata dan kesopanan dalam mengirim email/pesan, jangan sampai karena hal sepele menjadikan kita gagal.  Menulis email adalah hal yang gampang, tetapi menulis kalimat yang tepat bukanlah hal yang mudah.

Pertanyaan lain, bagaimanakah kita mengetahui nama2 promotor??? Nama-nama promotor tahun 2013 memang tidak diumumkan secara langsung, tetapi ketika pendaftaran di Website Dikti kita bisa melihat siapa saja Promotor yang lolos.  Waktu pendaftaran sekitar 2 bulan jadi dalam waktu tersebut kita bisa mencari informasi tentang Promotor.

Yang jelas tahun Bacth 2 akan lebih banyak Menerima mahasiswa PMDSU.  Tahun ini ada sekitar 50 Promotor dari 8 kampus yang saya sebutkan dipostingan berikutnya.  Untuk jurusan antara lain Peternakan, Pertanian, Kelautan, Kedokteran hewan, Teknik, Mipa, Kedokteran, Farmasi, FKIP, Ekonomi, Teknik Pertanian, Kehutanan.

Demikian Informasi singkat yang bisa saya sampaikan terkait beasiswa PMDSU.  Semoga bisa membantu, jika masih ada yang mengganjal boleh bertanya lewat email,,, terimakasih


Abdul Mutolib
amutolib24@yahoo.com

42 komentar:

  1. saya mau nanya bang, website dikti untuk pndaftaran pmdsu apa bg? terimakasih sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun ini sepertinya tdak ada form pmdsu,, langsung daftar online saja,,

      Hapus
  2. Terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  3. Kak bleh tnya untuk fomulir pendaftran pmdsu itu dari kita dapat ny y kk?
    Mohon penjelsany kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun ini sepertinya tdak ada form pmdsu,, langsung daftar online saja,,

      Hapus
    2. Bapak Abdul Mutolib, saya telah mendaftar via online sejak tanggal 3. Setelah itu, saya belum menerima surel notifikasi dari pihak dikti hingga sekarang. Apakah surel tersebut biasanya memang lambat dikirimkan? Terima kasih atas tanggapan Bapak.

      Hapus
  4. Kalau mau mendaftar kimia murni apa boleh latar belakang S1 nya kimia pendidikan..,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya bahas sebenarnya diatas,, silakan tanyakan kepada promotor terkait

      Hapus
    2. Assalamualaikum.
      Kak kira2 ada ngga jurusan pendiikan sejarah untuk program beasiswa Pmdsu? Mohon konfirmasinya bang.

      Hapus
  5. saya kemaren cek profil promotor tapi sepertinya tidak ada yang dari FKIP, soalnya saya jurusan pendidikan bahasa Inggris...

    BalasHapus
  6. salam kenal.
    saya sudah menghubungi promotor via email. dan beliau sudah membalas email saya. namun, saat saya membaca syarat yang ada di PPs penyelenggara (ITS) bahwa IPK min 3.50 sedangankan saya hanya 3.30
    apakah saya masih bisa tetap mendaftar?
    lalu iya bisa, tahap awal yang harus saya lakukan mendaftar ke PPs penyelenggara atau ke website dikti mengenai PMDSU? terima kasih

    BalasHapus
  7. Apa saja isi email saat kita menghubungi Promotor?

    Mohon jawabannya ya.

    BalasHapus
  8. aslmlkm. mas. saya dari fkip unila mas. kira2 universitas mana saja ya mas yang buka pdsu jurusan pendidikan ekonomi fkip atau ekonomi murni ya mas. mohon pencerahannya

    BalasHapus
  9. Assalamualalikum..
    mau tanya mas, saat menghubunhi promotor, apa saja isi email yang perlu kita sampaikan?

    BalasHapus
  10. Selamat siang mas. Kalau saya mahasiswa akhir sedang TA skrg dan baru lulus maret apakah bisa ya daftar???

    BalasHapus
  11. Asalamualaikum. saya ingin tanya, apakah setelah saya daftar online DIKTI PMDSU saya mendapatkan bukti pendaftaran yang akan di kirim di email?

    BalasHapus
  12. assalamualaikum, kalau dari mipa namun jurusannya ipa terpadu apakah bisa mendaftar? terimakasih

    BalasHapus
  13. Mas, ada info pengumuman kelulusan pmdsu kpn mas?

    BalasHapus
  14. Mas, ada info pengumuman kelulusan pmdsu kpn mas?

    BalasHapus
  15. Mas, ada info pengumuman kelulusan pmdsu kpn mas?

    BalasHapus
  16. apakah setiap tahun beasiswa pmdsu dibuka mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mencoba untuk menjawab sesuai apa yang saya tahu. Program beasiswa Pmdsu tidak buka setiap tahun. 2 tahun sekali, karna tahun pertama pihak dikti menentukan promotor dan universitas yang dituju sebagai penyelenggara pmdsu. Semoga membantu

      Hapus
  17. Selamat malam mas, saya ingin bertanya, jika masih dalam studi pendidikan profesi, apakah diperbolehkan untuk mendaftar?

    BalasHapus
  18. harus toefl berapa kak syaratnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pasti mb.. ada yg 450, 500 bahkan 550.. tergantung kebijakan promotor

      Hapus
  19. saya mau tanya, untuk pendaftaran program beasiswa pmdsu uny menyediakan apa tidak?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap tahun ada seleksi kampus. Jika lolos berarti bisa jdi kmpus penyelenggara...

      Hapus
  20. Kak cara menghubungi promotornya bagaimana ya ??
    Terimakasih

    BalasHapus
  21. Saya ada pertanyaa, mohon kesediaanya untuk dijawab. Bidang riset S1 pelamar dilihat dari mana ya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  22. Mas tau gak, gimana cara biar seorang dosen itu jadi seorang promotor pada beasiswa pmdsu?? Soalnya,banyak dosen saya yang tidak tau gimana bisa terpilih jadi promotor dari univ tertentu. Makasih mas

    BalasHapus
  23. terima kasih buat infonya.
    Kak, saya mau tanya ketika menghubungi promotor via email apakah kita seharusnya juga melampirkan motivation letter, cv dan berkas2 pendukung lain?

    BalasHapus
  24. Kak, mau tanya, apakah mhs on-going boleh mendaftar? semisal sdh duluan daftar di kampus UB, kemudian belum ada kejelasan apakah UB menjadi kampus penyelenggaran beasiswa PMDSU krna skrg masih tahap penetapan kampus penyelenggara, padahal saya ingin mendaftar, bagaimana ya ?
    soalnya saya baru lihat di skema penyelenggaraan PMDSU baru dibuka pendaftaran utk mhs di DESEMBER 2016 sedangkan perkuliahan sudah dimulai september ini. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Astia mengetahui pembukaan pendaftaran utk mhs di Desember 2016 darimana? Soalnya saya liat diberbagai situs beasiswa, deadline pendaftarannya sampai 18 Juli 2016
      Info yang valid dapat diakses dimana ya? Seperti kita lihat disitus pmdsu yang byk disebarkan belum menampilkan untuk pendaftarannya ataupun penjelasan tgl nya

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. saya melihat pada bagan alir pelaksanaan program beasiswa di dalam PEDOMAN PENYELENGGARAAN BEASISWA PMDSU TAHAP III tahun 2016 mba diantika.
      Jika memang info tsb benar maka 2017 baru dibuka pndftrn ke mhs, skrg smpai akhr tahun 2016 msh tahap seleksi penylnggara (univ). Silahkan dicari lagi info terbaru, bisa jdi saya keliru. terimakasih.

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Terimakasih penjelasannya
    Setelah membaca ini jadi semangat untuk 2017 mendaftar PMDSU

    abduldarin.blogspot.co.id/2016/02/beasiswa-pmdsu-2016.html?m=1

    BalasHapus
  28. tidak adakah untuk bidang pendidikan pak?

    BalasHapus
  29. Selamat malam mas, maaf menganggu. Menyamakan riset dng promotor itu maksudnya gimana ya? Apa kita harus punya proposal penelitian dulu sebelum mendaftar sebagai calon penerima beasiswa, atau riset waktu skripsi S1? Mohon jawabannya. Terimakasih��

    BalasHapus