KATEGORI

Rabu, 26 Maret 2014

Mau Kuliah S2? Simak Nih Infonya…!!



Pernahkah teman-teman semua yang saat ini sedang menempuh S1 memikirkan bagaimana caranya mendapat beasiswa  jenjang Magister? Kalau belum ayooo mulai di pikirkandari sekarang apakah habis S1 mau langsung kerja atau mau melanjutkan kuliah lagi, biar nantinya habis lulus kita tidak menjadi bingung dan akhirnya tegambuyyy dehh (Bahasa Lampung = tidak jelas tujuan hidupnya) ..!!!

Langsung aja deh, bagi kamu yang sekarang sedang menempuh S1 dan ingin melanjutkan kuliah kejenjang S2 baik dalam negeri atau luar negeri saya akan bagikan beberapa informasi yang semoga bisa membantu.  Untuk kali ini saya akan sebutkan beberapa nama beasiswa yang ada beserta penjelasan singkatnya, lain waktu jika ada kesempatan saya akan tulis secara detail tentang informasi, syarat pendaftaran, waktu pendaftaran dan cara aplikasinya.  Ohh ya, yang paling penting info yang saya bagikan itu berdasarkan pengalaman pribadi saya mendaftar beasiswa atau setidaknya saya mengetahui secara rinci tentang beasisswa ini, jadi saya sedikit banyak tau masalah dan apa syarat mendaftarnya.  

Langsung aja deh, beberapa beasisiswa magister yang bisa kamu manfaatkan, ingatt yaa syarat utamanya IPK 3.00, Syarat lainnya relatif bisa dipenuhi oleh hampir semua mahasiswa.
1.    Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN), beasisswa ini ada ikatan dinas dengan Dikti untuk mengabdi menjadi dosen, ada jenjang S2/S3.
2.    Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN), beasisswa ini ada ikatan dinas dengan Dikti untuk mengabdi menjadi dosen, ada jenjang S2/S3.
3.    Beasiswa Unggulan (BU) Kemendiknas, ada jenjang S2/S3, Baik dalam dan luar negeri.
4.    Beasiswa Lembaga Pengelolaan dana Pendidikan(LPDP) Kemenkeu, ada jenjang S2/S3 dalam dan luar negeri , Beasiswa Tesis dan Desertasi. 
5.    Beasiswa Pemerintah Federasi Russia, Jenjang S2/S3 (saya diterima di National Research Tomsk Polytechnic University, sayang sama Ibu saya  tidak dikasih izin berangkat hehehhe).
6.    Korean Government Development Program (KGSP), ada jenjang S2/S3.  Beasisswa ini lumayan besar nominalnya.  Sayang saya gagal lolos tes terakhir (ada 3-4 tahapan tes).
7.    Turkiye Burslari Scholarship (TBS) untuk jenjang S2/S3, saya juga gagal dapat beasiswa ini.  Ternyata yang daftar pertahun ratusan ribu orang, hehehhe.
8.    Beasiswa PMDSU (Program Menuju Doktor Sarjana Unggul), ini program baru dari pemerintah Indonesia nih, yaitu kuliah S3 tanpa melalui jenjang S2, Syaratnya lumayan susah sih, tapi kalian jangan khawatir saya aja bisa diterima kok. Besisswa ini paket lengkap banget.. (baca postingan saya yang berjudul : Mimpi dari Desa, Menjadi Doktor di Usia Muda).

Itu beberapa beasiswa yang saya tau dan pernah daftar, sebenarnya masih banyak beasiswa lain yang saya tau, tetapi saya belum pernah apply beasiswa tersebut, contohnya beasiswa Master/Doctoral di Asian Institute Technology Thailand, Beasisswa China Government, Beasiswa ke Jepang dan lainnya. Oh ya sebagai syarat pendukung akan lebih baik kamu mempunyai sertifikat TOEFL yang skor minimalnya 500, pasti akan sangat berguna.

Sepertinya itu yang bisa saya bagi buat teman-teman, jika memang ada yang berminat boleh deh konfirmasi ke saya, Insya Alloh akan saya bantu sebisa mungkin.  Semoga artikel saya bermanfaat aminn.

Penulis:
Abdul Mutolib Darin
Email : amutolib24@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar